Rabu, 28 Agustus 2013 | By: Unknown

Hilal Ahmad - Diskusi Group Inspirasi-Ku



Inspirasi-Ku
07 Januari 2013  ( Hilal Ahmad )

Selamat malam sahabat Inspirasi-Ku

Malam ini jadi ya kita bincang-bincang dengan penulis kasep dari Serang.

Hilal Ahmad
Penulis yang sering jadi pemenang dalam berbagai lomba dan yang karyanya jadi bagian dari kumcer keroyokan Gilalova 1 sampai 5 (Gong Publishing, 2010-2012) ini sudah punya beberapa novel Solo. Keren-keren pula.  Ada : Sepatu Kaca Lili (Leutikaprio:2010), Blitz (Glitzy, 2012), Dilema Cinta Pertama (Zettu, 2012), dan yang bari-baru ini masih diserbu penggemarnya ialah novel “Cinta Tak Datang Tiba-tiba (Zettu, 2012)” yg beberapa waktu lalu Kang Aming posting covernya.

Nah buat sahabat semua yang ingin ketularan semangat menulis dan perlu siraman tips, kita bisa ngorbol bareng-bareng di grup malam ini.

Silakan  siapa yang mau mulai pertanyaan….









Ririen Narsisabiz Pashaholic mas Hilal Ahmad bukannya terbit di zettu dapet 10 buku terbit? kata mitha juniar gitu

Hilal Ahmad Rumah Buku Pustaka Ilmu : kalau yang GLITZY mah, itu dimediasi sama Rumah Dunia. Kebetulan, saya memang belajar nulis di sana dan relawan juga. nah, saya mengumpulkan naskah teman-teman yang idenya teror merid. kalau novel BLITZ yang juga terbit di GLITZY, itu novelnya udah ada. daripada bingung mau dikirim kemana, jadi saya minta tolong Mas Gol A Gong untuk reading buku itu layak dikirim kemana.

Hilal Ahmad Mbak Ririen Narsisabiz Pashaholic, memang ada 10 buku bukti terbit. tapi itu habis dibagikan ke teman-teman, Mbak
Marlyn SaimaruChrist BlueAngel Adakah target menembus penerbit mayor lainnya Kak? Kayak GPU, Gagasmedia, kayak gitu? Hehehe.

De Lizta Ririen Narsisabiz Pashaholic okdeh, minta alamat perantara Zettu, coba nembus nggak?

Hilal Ahmad Ada. Setiap penulis, saya yakin, ingin sekali bukunya terbit di Gagas, Gramedia, Mizan, dll. Saya tetap yakin, kalau nggak sekarang, insyallah suatu saat nanti. ini jadi motivasi saya untuk terus membuat karya yang sesuai dan cocok dengan kemauan mereka (penerbit). gitu Mbak Marlyn SaimaruChrist BlueAngel.

Hilal Ahmad hehehehe, lain kali kalau di-acc dan terbit lagi, semoga nama Mbak Ririen Narsisabiz Pashaholic, langsung keinget untuk dikirim bukunya.

Kamiluddin Azis tenang Ririen Narsisabiz Pashaholic buat anak yg semangatnya gak ada matinya, nanti saya kasi buat kamu 1 novel saya dan 1 novel Hilal... pasti ngiler deh... inbox alamatnya .. (ciuz nih... bonus karena bawel kamu malam ini sangat inspiratif)

Marlyn SaimaruChrist BlueAngel Aku doain moga-moga secepatnya yah Kak.

Kalau boleh tahu, Kakak pernah gak ngobrol santai mengenai penulisan gitu sama editor penerbit? Kan biasanya penulis sama editor sering bertukar pikiran untuk menerbitkan naskah.


Kamiluddin Azis Harus inget Mas Hilal Ahmad, sy aplaus banget buat adik kita yg satu ini....

Ririen Narsisabiz Pashaholic bener ya *nunggu kieriman novel wkwkwkwk
Hilal Ahmad Kover buku Kang Kamiluddin Azis udah ada tuh di grup Kinoo. tinggal tunggu kiriman bukunya aja, jangan-jangan, honor udah ditransfer ya? asiiik, udah ngipas-ngipas nih?
Kamiluddin Azis Haha honor udah abis sebelum buku nongol (ups, jadi curcol dah...) ayo balik nanya ke Hilal aja ayo ayoooo mumpung dia belum cuci kaki ma gosok gigi...

Hilal Ahmad Marlyn SaimaruChrist BlueAngel, untuk Zettu alahmdulilah, saya gak pernah ngobrol. saya percaya aja sama tim penerbit. bagaimanapun juga, mereka jauh lebih tau nilai buku yang layak jual seperti apa. untuk penerbit lain, ada buku saya yang udah deal untuk terbit, dan mbak editornya masih inetns komunikasi dalam hal revisi. kami ngobrol santai kok. mbaknya juga baik. saya jadi dapet ilmu revisi dan editing naskah...

Hilal Ahmad Kang Kamiluddin Azis, tengkyu aplausnya. jadi malu. balik ahh... hehehe

Hilal Ahmad Kang Kamiluddin Azis, itu di penerbit lain Kang. mereka bener-bener nerapin standar terbit. awalnya sih, jujur ya, agak kesel. tapi saya berbesar hati. saya nggak mau hubungan awal ini jadi jelek dan ngerugiin mereja hanya karena naskah saya sipaksain terbit. akhirnya saya harus revisi ulang...

Ririen Narsisabiz Pashaholic klo mau dengar letak kesalahan tentang naskah kita kirimnya ke mas mursal aja Kamiluddin Azis dia koordinator KWA.
Rumah Buku Pustaka Ilmu ok, sambil nunggu pertanyaan dari yang lain, Mas Hilal Ahmad bisa sambil ngasi tips buat sahabat2 inspirasi-ku di sini supaya kita semua tetap semangat berkarya, tak patah semangat dll

De Lizta Thank you sharingnya mas Kamiluddin Azis, tumben ngantuk banget malam ini, pamit ke alam mimpi si mas Ariel udah nungguin, hehhehe, mas Hilal Ahmad n Ririen Narsisabiz Pashaholic, pamit.
Marlyn SaimaruChrist BlueAngel Kalau boleh bocoran Kak. Sebagai editor kan tugasnya memang berat, apalagi waktu menyeleksi naskah. Kira2 editor paling jengkel saat menghadapi naskah seperti apa? Dan paling senang saat menghadapi naskah seperti apa? 

Ririen Narsisabiz Pashaholic mas Hilal Ahmad mau nanya dirimu dah terjun ke dunia tulis mulai tahun berapa?

Hilal Ahmad Marlyn SaimaruChrist BlueAngel : setiap penerbit punya standar beda. ada yang mentingin mutu naskah, teknik penulisan jadi nomor sekian. toh, ada editor yang membenahi cara penulisan yang salah. tapi ada juga yang saklek, teknik menulis harus udah bagus, dan isinya juga bagus. editor paling sebel ketemu naskah yang teknik menulisnya ancur..

Hilal Ahmad Mbak Ririen Narsisabiz Pashaholic, belum lama MBak. dari sekitar 2005 lah..

Hilal Ahmad itu baru belajar nulis doang..

Hilal Ahmad Rumah Buku Pustaka Ilmu : tips sebelum akhir sharing malem ini ya, Mas/Mbak. Kalau saya diajarin untuk terus menulis, menulis, menulis. ditolak, ya menulis lagi. dihujat atau dibilang jelek, ya menulis lagi. dibilang bagus atau dimuat, ya menulis lagi. dan jangan lupa baca tulisan orang sebagai perbandingan dan mendapat ilmu sebanyak mungkin, juga sering sharing sama penulis senior.

Ririen Narsisabiz Pashaholic itu termasuk dah lama dan senior. nah aku terjun ke dunia tulis tahun 2011

Marlyn SaimaruChrist BlueAngel Kalau zettu sendiri, menurut kakak gimana editornya?

Rumah Buku Pustaka Ilmu Mas Hilal bangga mana saat karya kita dimuat di majalah/tabloid/koran dengan diterbitkan menjadi buku?

Rumah Buku Pustaka Ilmu Dedefirman Muhammad tong isin2... Kang Hilal ti Serang, dede ti Bogor, tatanggi De

Hilal Ahmad Marlyn SaimaruChrist BlueAngel : nggak bisa menilai, Mbak. karena aku juga nggak pernah komunikasi sama editornya...kalau keponya sih, mereka baik kok karena sudah mau baca dan memperbaiki kesalahan di naskahku.

Hilal Ahmad Rumah Buku Pustaka Ilmu : kebanggannya lain Mbak/Mas. Kalau di majalah, tempo terbit emang singkat, dua mingguan atau bulanan. tapi euforianya memuncak banget, walaupun setelah majalahnya terbit baru dengan cerpen yang baru lagi, kita harus berjuang lagi supaya cerpen kita dimuat lagi.

Kalau buku, lebih long lasting. lebih lama dipajang di rak buku toko buku. tapi lebih lama juga dibeli daripada majalah...


Hilal Ahmad Rekan-rekan semua, mohon maaf ya, harus pamit sekarang. ada yang harus diselesaikan nih di luar ruang. terimakasih atas diskusinya. terimakahsi Rumah Buku Pustaka Ilmu karena sudah diberi waktu untuk share di sini. mohon maaf kalau ada khilaf dan kata-kata menyinggung... kalau ada kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan. salam/

Marlyn Saimaru Hehehe.. Kak Hilal kepo juga.

Bingung mau nanya apa lagi yah. Hehehe. Tapi setelah wawancara singkat ini, aku semakin semangat menyelesaikan naskahku. Targetku sih GPU dalam jangka tahun ini. Doain aja yah Kak. 


Rumah Buku Pustaka Ilmu oke Mas Hilal Ahmad makasih banyak ya atas waktunya, trims atas share ilmu dan pengetahuan serta inspirasi buat sahabat semua.... Semoga selalu sukses dengan karya2nya...

Marlyn SaimaruChrist BlueAngel Makasih banyak Kak atas kesediaannya. 

Rumah Buku Pustaka Ilmu Wow, seru juga ya, tanya jawab dengan penulis muda yg gak pelit ilmu seperti Hilal Ahmad ini... Kita bisa petik ilmu dan pengalamannya untuk kita jadikan semangat baru dalam berkarya. Terima kasih buat sahabat2 yg sudah berpartisipasi.



Sumber : Group FB Inspirasi-Ku
Edited By : Andrew A. Navara

0 komentar:

Posting Komentar