Pages

Sabtu, 01 September 2018

Engkau Tak Butuh Menjadi Siapapun

Engkau tak butuh ..., menjadi siapapun untuk menjadi sesuatu. Kau hanya butuh pada apa yang kamu mau dan kamu inginkan dengan cara mengimplementasikannya menjadi suatu kata keterangan atau kata benda, untuk nantinya itu.
Menjadi dan mengikuti yang bukan maumu (baca:hanya menyenangkan hati seseorang, atau biar dianggap keren dan menawan), itulah sangat sia-sia pada akhirnya nanti. Mungkin kau tak akan menyadarinya saat ini.
Bisa saja satu sampai sepuluh tahun ke depan. Kita tidak akan pernah tahu, mengenai apa-apa yang terjadi di masa depan. Namun, masa depan sangatlah perlu untuk diketahui pada perencanaan yang kita susun di masa sekarang ini, guna ke depan yang tentulah disebut dengan masa depan.
Tentu saja, ketika kau menjadi dan mengikuti yang bukan maumu, itu bagaikan boneka yang digerakkan atas kemauan orang lain. Kau tak bisa menggerakkan apa yang sebenarnya ada pada dirimu itu.
Menjadi keren, bukan berarti seperti yang kau lihat, akan tetapi tak cocok untukmu (dan itu menurutmu di suatu saat, yang yaa, meskipun egomu berkata berlawanan pada realitanya) dan lebih dari itu semuanya, kau sendiri tak menyukainya, bukan? Kita pada awalnya adalah penentu pada apa yang kita mau . Dan, lama-kelamaan awal itu akan dikaburkan (mungin tidak hanya dikaburkan, ada juga yang dihancurkan sehancur-hancurnya) ..., kemudian diberikanlah suatu titik terang.
Titik yang memang itu adalah bagian dari kemauan dan keinginan yang sebenarnya. Titik dari bagian diri kita yang terkadang kita sendiri tak pernah, atau terkadang sulit untuk dapat menyadarinya.
Pertama: dimunculkannya kebebasan; Ke-dua: dikaburkan dan bisa saja dihapuskan; Ke-tiga: dimunculkan olehNya atas perjalanan-perjalanan panjang yang sudah dilaluinya secara bertahap tanpa disadarinya; Ke-empat: kembali diberikan kebebasan lagi.
Siapapun tak dapat mengetahui hal yang semacam itu. Sekalipun itu dengan penulis. Ya ..., 'penulis', bukan 'Penulis'.

-Andrew A. Navara-

#A010918
#AndrewANavara






Tidak ada komentar:

Posting Komentar